النكرة والمعرفة
Nakirah dan Ma'rifat
نَكِرَةٌ قَابِلُ أَلْ مُؤَثِّرَا……أوْ وَاقِعٌ مَوْقِعَ مَا قَدْ ذُكِرَا
نكرة : Isim nakirah (إسم نكرة) adalah isim yang bisa menerima alif dan lam (أل) yang me-ma’rifat-kan,
atau isim yang tidak menerima alif dan lam (أل) tetapi
memakai maknanya isim yang menerima alif dan lam.
وَغَيْرُهُ مَعْرِفَةٌ كَهُمْ وَذِي……وَهِنْدَ وَابْنِي وَالغُلامِ وَالَّذِي
وغيره : Isim
ma’rifat yaitu:
1. Isim dhamir (إسم ضمير) seperti هُمْ
2. Isim isyarah (إسم إشارة) seperti ذِيْ
3. Isim ‘Alam (غسم عالم) seperti هِنْدٌ
4. Isim yang di-mudhaf-kan pada isim
ma’rifat seperti ابْنِيْ وَالغُلَامُ
5. Isim maushul (إسم موصول) seperti الَّذِيْ
فَمَا لِذِي غَيْبَةٍ أوْ حُضُورِ……كَأنْتَ وَهْوَ سَمّ بِالضّمِيرِ
فما : Isim
dhamir merupakan isim yang menunjukkan makna samar (gha'ib: غائب) atau tidak samar
(hadhir: حاضر) seperti , أَنْتَ, هُوَ, dan lainnya. Sedangkan isim zhahir (إسم ظاهر)
merupakan isim yang jelas maknanya, seperti زَيْدٌ
وَذُو اتِّصَالٍ مِنْهُ مَالاَ يُبْتَدَا ……وَلاَ يَلِي إِلا اخْتِيَاراً أبَدَا
كَالْيَاءِ وَالْكَافِ مِنِ ابْنِي أكْرَمَكْ……وَالْيَاءِ والهَا مِنْ سَليهِ مَا مَلَكْ
وذو : Dhamir
ada dua, yaitu muttashil (متصل) dan munfashil
(منفصل). Dhamir
muttashil adalah dhamir yang tidak bisa
dibuat permulaan kalam dan tidak bisa jatuh setelah illa (إِلَّا) pada waktu ikhtiyar, seperti ya’ mutakallim
(ياء متكلم),
contoh ابْنِيْ, kaf mukhathab
(كاف مخاطب),
contoh أُكْرِمُكَ, ya’ mu’annats mukhathabah (ياء مؤنث مخاطبة),
dan ha’ (ها)
dalam lafal سَلِيْه
وَكُلّ مُضْمَرٍ لَهُ الْبِنَا يَجِبْ……وَلَفْظُ مَاجُرَّ كَلْفظِ مَا نُصِبْ
وكل : Semua dhamir
hukumnya mabni, sebab serupa dengan huruf dalam segi wadha’
(وضع). Dhamir
muttashil yang di-jar-kan sama dengan
yang di-nashab-kan, seperti بِكَ dan
إنَّكَ
لِلرَّفْعِ وَالنَّصبِ وَجَرٍّنَا صَلَحْ……كَاعْرِفْ بِنَا فَإنَّنَا نِلْنَا الْمِنَحْ
للرفع : Dhamir na (نا) merupakan dhamir yang pantas dijadikan mahal
rafa’, nashab, dan jar dengan tetap berbentuk نا
seperti بِنَا, إِنَّنَا, dan نِلْنَا,
وَأَلِفٌ وَالوَاوُ وَالنُّونُ لِمَا……غاَبَ وَغَيْرِهِ كَقَامَا واعْلَمَا
وألف : Dhamir
alif tatsniyah (ألف
تثنية), wawu jama’ (واو جمع), dan nun
jama’ mu’annats (نون
جمع مؤنث) ada yang menunjukkan gha’ib (غائب) seperti قَامَا, قَامُوْا, dan,قُمْنَا , dan ada yang menunjukkan mukhatab (مخاطب),
seperti اعْلَمَا, اعْلَمُوْا, dan, اعْلَمَنْ
وَمِنْ ضَمِيرِ الرَّفْعِ مَا يَسْتَتِرُ……كافْعَلْ أوَافِقْ نَغْتَبِطْ إذْ تَشْكُرُ
ومن : Dhamir mahal rafa’ ada dua, yaitu
dhamir bariz (بارز) dan dhamir mustatar (مستتر).
Dhamir bariz adalah dhamir yang bisa diucapkan oleh lisan,
seperti alif-nya lafal اعْاَمَا. Sedangkan dhamir mustatar adalah dhamir
yang tidak bisa diucapkan oleh lisan, seperti افْعُلْ
وَذُو ارْتِفَاعٍ وانْفِصَالٍ أنَا هُوْ……وَأَنْتَ وَالفُرُوعُ لا تَشْتَبِهُ
وذو : Dhamir munfashil (منفصل) yang mahal rafa’ ialah seperti أَنَا, هُوَ, أَنْتَ, dan sebagainya.
وَذُو انْتِصَابٍ فِي انْفِصَالٍ جُعِلا……إيّايَ والتَّفْرِيعُ لَيْسَ مُشْكِلاَ
وذو : Dhamir
munfashil yang mahal nashab yaitu إياك dan semacamnya.
وَفِي اخْتِيَارٍ لا يَجِيءُ المنُفَصِلْ……إذَا تَأَتَّى أنْ يَجِيء المُتَّصِلْ
وفي : Pada waktu ikhtiyar, tidak boleh mendatangkan dhamir
munfashil apabila masih bisa mendatangkan dhamir muttashil (متصل), seperti جَاءَ أَخُوْ إيَّاكَ, menjadi جَاءَ أَخُوْكَ
وَصِلْ أوِ افْصِلْ هَاءَ سَلْنِيهِ وَمَا……أشْبَهَهُ في كُنْتُهُ الخُلْفُ انْتَمَى
وصل : Dhamir-nya
Lafal سَلْنِيْهِ boleh berwajah dua, yaitu (1) dibuat dhamir
muttashil, seperti سَلْنِيْهِ, dan (2) dibuat dhamir munfashil,
seperti سَلْنِيْ إِيَّاهُ
كَذَاكَ خِلْتَنيهِ واتِّصَالا……أخْتَارُ غَيْرِي اخْتَارَ الانْفِصَالا
كذاك : Ha’ (ها) dalam lafal كُنْتُهُ dan خِلْتَنِيْهِ
ulama masih berbeda pendapat. Menurut Ibnu Malik dijadikan dhamir
muttashil seperti كُنْتُهُ. Menurut Imam
Sibawaih dibuat dhamir munfashil, seperti كُنْتُ
إِيَّاهُ
وَقَدِّمِ الأَخَصَّ فِي اتِّصَالِ……وَقَدِّمَنْ مَا شِئْتَ في انْفِصَالِ
وقدم : Bila ada dhamir berkumpul dan sama-sama muttashil,
maka harus mendahulukan dhamir yang lebih khusus, seperti الدَّرَاهِمَ
أَعْطَيْتُكَهُ.
Hal yang tidak diperkenankan ialah seperti . Apabila ada dhamir munfashil dan muttashil
berkumpul, maka harus mendahulukan dhamir muttashil, seperti اَعْطَيْتُكَ
إِيَّاهُ
وَفِي اتِّحَادِ الرُّتْبَةِ الْزَمْ فَصْلاَ……وَقَدْ يُبِيحُ الْغَيْبُ فِيهِ وَصْلاَ
وفي : Bila ada dua dhamir
berkumpul sama-sama muttashil dan sama pangkatnya, maka yang satu harus
dijadikan dhamir munfashil, seperti سَلْنِيْهِ menjadi سَلْنِيْ إيَّاهُ. Dan kadang-kadang boleh tetap sama-sama muttashil bila
pangkatnya sama-sama gha’ibah (غائبة), seperti وَانْصُرْهُمُوْهَا
وَقَبْلَ يَا النَّفْسِ مَعَ الْفِعْلِ التُزِمْ……نُونُ وِقَايَةٍ وَلَيْسي قَدْ نُظِمْ
وقبل : Bila
ada fi’il bertemu dengan ya’ mutakallim (ياء متكلم), maka antara fi’il dan ya’ mutakallim
harus dipisah dengan nun wiqayah (نون وقاية), contoh ضَرَبِيْ زَيْدٌ menjadi ضَرَبَنِيْ زَيْدٌ
وَلَيْتَني فَشَا وَلَيْتي نَدَرا……وَمَعْ لَعَلََّ اعْكِسْ وَكُنْ مُخَيَّرا
وليتني : Lafal لَيْتَ bila bertemu dengan ya’ mutakallim, banyak dipisah dengan
nun wiqayah, seperti لَعَلِّيْ. Dan sedikit yang memakai nun wiqayah, seperti لَعَلَّنِيْ
فِي الْبَاقِيَاتِ واضْطِراراً خَفَّفا ……مِنِّي وَعَنِّي بَعْضُ مَنْ قَدْ سَلَفَا
في : إِنَّ, أَنَّ, كَأَنَّ, dan لَكِنَّ, apabila bertemu dengan ya’ mutakallim boleh berwajah
dua, yaitu boleh dipisah dengan nun wiqayah atau tidak, seperti إِنَّنِيْ dan إِنِيْ. Huruf jar berupa مِنْ dan عَنْ bila bertemu dengan ya’ mutakallim boleh dibaca
takhfif (tidak memakai nun wiqayah). Hal ini apabila di dalam
darurat syi’r (شعر), contoh مِنِيْ dan عَنِيْ
وَفِي لَدُنِّي لَدُني قَلَّ وَفِي……قَدْني وَقَطْنِي الْحَذْفُ أيْضاً قَدْ يَفي
وفي : Lafal لَدُنْ bila bertemu dengan ya’ mutakallim, kebanyakan memakai nun wiqayah,
seperti لَدُنِيْ dan لَدُنِّيْ. Lafal قَدْ dan قَطْ, bila bertemua dengan ya’
mutakallim kebanyakan memakai nun wiqayah, seperti قَدْنِيْ dan قَطْنِيْ
Demikianlah apa yang dapat kita telaah dari Bab Ma'rifat dan Nakirah.
Silakan tinggalkan jejak komentar di bawah, jika ada hal-hal yang perlu dimusyawarahkan.
Untuk menuju Bab selanjutnya, silakan klik BAB 'ALAM
Untuk menuju Bab sebelumnya, silakan klik BAB MU'RAB DAN MABNI
Demikianlah apa yang dapat kita telaah dari Bab Ma'rifat dan Nakirah.
Silakan tinggalkan jejak komentar di bawah, jika ada hal-hal yang perlu dimusyawarahkan.
Untuk menuju Bab selanjutnya, silakan klik BAB 'ALAM
Untuk menuju Bab sebelumnya, silakan klik BAB MU'RAB DAN MABNI
EmoticonEmoticon