Thursday, February 2, 2017

Ngaji Alfiyah Ibnu Malik, Bab Nakirah dan Ma'rifat #3


 النكرة والمعرفة

Nakirah dan Ma'rifat


نَكِرَةٌ قَابِلُ أَلْ مُؤَثِّرَا……أوْ وَاقِعٌ مَوْقِعَ مَا قَدْ ذُكِرَا

نكرة : Isim nakirah (إسم نكرة) adalah isim yang bisa menerima alif dan lam (أل) yang me-ma’rifat-kan, atau isim yang tidak menerima alif dan lam (أل) tetapi memakai maknanya isim yang menerima alif dan lam.

 وَغَيْرُهُ مَعْرِفَةٌ كَهُمْ وَذِي……وَهِنْدَ وَابْنِي وَالغُلامِ وَالَّذِي


وغيره : Isim ma’rifat yaitu:
1.  Isim dhamir (إسم ضمير) seperti هُمْ
2. Isim isyarah (إسم إشارة) seperti ذِيْ
3. Isim ‘Alam (غسم عالم) seperti هِنْدٌ
4. Isim yang di-mudhaf-kan pada isim ma’rifat seperti ابْنِيْ وَالغُلَامُ
5. Isim maushul (إسم موصول) seperti الَّذِيْ

 فَمَا لِذِي غَيْبَةٍ أوْ حُضُورِ……كَأنْتَ وَهْوَ سَمّ بِالضّمِيرِ


فما : Isim dhamir merupakan isim yang menunjukkan makna samar (gha'ib: غائب) atau tidak samar (hadhir: حاضر) seperti , أَنْتَ, هُوَ, dan lainnya. Sedangkan isim zhahir (إسم ظاهر) merupakan isim yang jelas maknanya, seperti زَيْدٌ

 وَذُو اتِّصَالٍ مِنْهُ مَالاَ يُبْتَدَا ……وَلاَ يَلِي إِلا اخْتِيَاراً أبَدَا


كَالْيَاءِ وَالْكَافِ مِنِ ابْنِي أكْرَمَكْ……وَالْيَاءِ والهَا مِنْ سَليهِ مَا مَلَكْ

وذو : Dhamir ada dua, yaitu muttashil (متصل) dan munfashil (منفصل). Dhamir muttashil adalah dhamir yang tidak bisa dibuat permulaan kalam dan tidak bisa jatuh setelah illa (إِلَّا) pada waktu ikhtiyar, seperti ya’ mutakallim (ياء متكلم), contoh ابْنِيْ, kaf mukhathab (كاف مخاطب), contoh أُكْرِمُكَ, ya’ mu’annats mukhathabah (ياء مؤنث مخاطبة), dan ha’ (ها) dalam lafal سَلِيْه

وَكُلّ مُضْمَرٍ لَهُ الْبِنَا يَجِبْ……وَلَفْظُ مَاجُرَّ كَلْفظِ مَا نُصِبْ
وكل : Semua dhamir hukumnya mabni, sebab serupa dengan huruf dalam segi wadha’ (وضع). Dhamir muttashil yang di-jar-kan sama dengan yang di-nashab-kan, seperti بِكَ dan  إنَّكَ

 لِلرَّفْعِ وَالنَّصبِ وَجَرٍّنَا صَلَحْ……كَاعْرِفْ بِنَا فَإنَّنَا نِلْنَا الْمِنَحْ
للرفع : Dhamir na (نا) merupakan dhamir yang pantas dijadikan mahal rafa’, nashab, dan jar dengan tetap berbentuk نا seperti بِنَا, إِنَّنَا, dan نِلْنَا,

 وَأَلِفٌ وَالوَاوُ وَالنُّونُ لِمَا……غاَبَ وَغَيْرِهِ كَقَامَا واعْلَمَا
وألف : Dhamir alif tatsniyah (ألف تثنية), wawu jama’ (واو جمع), dan nun jama’ mu’annats (نون جمع مؤنث) ada yang menunjukkan ghaib (غائب) seperti قَامَا, قَامُوْا, dan,قُمْنَا , dan ada yang menunjukkan mukhatab (مخاطب), seperti اعْلَمَا, اعْلَمُوْا, dan, اعْلَمَنْ

 وَمِنْ ضَمِيرِ الرَّفْعِ مَا يَسْتَتِرُ……كافْعَلْ أوَافِقْ نَغْتَبِطْ إذْ تَشْكُرُ
ومن : Dhamir mahal rafa’ ada dua, yaitu dhamir bariz (بارز) dan dhamir mustatar (مستتر). Dhamir bariz adalah dhamir yang bisa diucapkan oleh lisan, seperti alif-nya lafal اعْاَمَا. Sedangkan dhamir mustatar adalah dhamir yang tidak bisa diucapkan oleh lisan, seperti افْعُلْ

 وَذُو ارْتِفَاعٍ وانْفِصَالٍ أنَا هُوْ……وَأَنْتَ وَالفُرُوعُ لا تَشْتَبِهُ
وذو : Dhamir munfashil (منفصل) yang mahal rafa’ ialah seperti أَنَا, هُوَ, أَنْتَ, dan sebagainya.

 وَذُو انْتِصَابٍ فِي انْفِصَالٍ جُعِلا……إيّايَ والتَّفْرِيعُ لَيْسَ مُشْكِلاَ
وذو : Dhamir munfashil yang mahal nashab yaitu إياك dan semacamnya.

 وَفِي اخْتِيَارٍ لا يَجِيءُ المنُفَصِلْ……إذَا تَأَتَّى أنْ يَجِيء المُتَّصِلْ
وفي : Pada waktu ikhtiyar, tidak boleh mendatangkan dhamir munfashil apabila masih bisa mendatangkan dhamir muttashil (متصل), seperti جَاءَ أَخُوْ إيَّاكَ, menjadi جَاءَ أَخُوْكَ

وَصِلْ أوِ افْصِلْ هَاءَ سَلْنِيهِ وَمَا……أشْبَهَهُ في كُنْتُهُ الخُلْفُ انْتَمَى
وصل : Dhamir-nya Lafal سَلْنِيْهِ boleh berwajah dua, yaitu (1) dibuat dhamir muttashil, seperti سَلْنِيْهِ, dan (2) dibuat dhamir munfashil, seperti سَلْنِيْ إِيَّاهُ

 كَذَاكَ خِلْتَنيهِ واتِّصَالا……أخْتَارُ غَيْرِي اخْتَارَ الانْفِصَالا
كذاك : Ha’ (ها) dalam lafal كُنْتُهُ dan خِلْتَنِيْهِ  ulama masih berbeda pendapat. Menurut Ibnu Malik dijadikan dhamir muttashil seperti كُنْتُهُ. Menurut Imam Sibawaih dibuat dhamir munfashil, seperti كُنْتُ إِيَّاهُ

 وَقَدِّمِ الأَخَصَّ فِي اتِّصَالِ……وَقَدِّمَنْ مَا شِئْتَ في انْفِصَالِ
وقدم : Bila ada dhamir berkumpul dan sama-sama muttashil, maka harus mendahulukan dhamir yang lebih khusus, seperti الدَّرَاهِمَ أَعْطَيْتُكَهُ.  Hal yang tidak diperkenankan ialah seperti . Apabila ada dhamir munfashil dan muttashil berkumpul, maka harus mendahulukan dhamir muttashil, seperti اَعْطَيْتُكَ إِيَّاهُ

 وَفِي اتِّحَادِ الرُّتْبَةِ الْزَمْ فَصْلاَ……وَقَدْ يُبِيحُ الْغَيْبُ فِيهِ وَصْلاَ
وفي :  Bila ada dua dhamir berkumpul sama-sama muttashil dan sama pangkatnya, maka yang satu harus dijadikan dhamir munfashil, seperti سَلْنِيْهِ menjadi سَلْنِيْ إيَّاهُ. Dan kadang-kadang boleh tetap sama-sama muttashil bila pangkatnya sama-sama ghaibah (غائبة), seperti وَانْصُرْهُمُوْهَا

 وَقَبْلَ يَا النَّفْسِ مَعَ الْفِعْلِ التُزِمْ……نُونُ وِقَايَةٍ وَلَيْسي قَدْ نُظِمْ
وقبل : Bila ada fi’il bertemu dengan ya’ mutakallim (ياء متكلم), maka antara fi’il dan ya’ mutakallim harus dipisah dengan nun wiqayah (نون وقاية), contoh ضَرَبِيْ زَيْدٌ  menjadi ضَرَبَنِيْ زَيْدٌ

 وَلَيْتَني فَشَا وَلَيْتي نَدَرا……وَمَعْ لَعَلََّ اعْكِسْ وَكُنْ مُخَيَّرا
وليتني : Lafal لَيْتَ bila bertemu dengan ya’ mutakallim, banyak dipisah dengan nun wiqayah, seperti لَعَلِّيْ. Dan sedikit yang memakai nun wiqayah, seperti لَعَلَّنِيْ

 فِي الْبَاقِيَاتِ واضْطِراراً خَفَّفا ……مِنِّي وَعَنِّي بَعْضُ مَنْ قَدْ سَلَفَا
في : إِنَّ, أَنَّ, كَأَنَّ, dan لَكِنَّ, apabila bertemu dengan ya’ mutakallim boleh berwajah dua, yaitu boleh dipisah dengan nun wiqayah atau tidak, seperti إِنَّنِيْ dan إِنِيْ. Huruf jar berupa مِنْ dan عَنْ bila bertemu dengan ya’ mutakallim boleh dibaca takhfif (tidak memakai nun wiqayah). Hal ini apabila di dalam darurat syi’r (شعر), contoh مِنِيْ dan عَنِيْ

 وَفِي لَدُنِّي لَدُني قَلَّ وَفِي……قَدْني وَقَطْنِي الْحَذْفُ أيْضاً قَدْ يَفي
وفي : Lafal لَدُنْ bila bertemu dengan ya’ mutakallim, kebanyakan memakai nun wiqayah, seperti لَدُنِيْ dan لَدُنِّيْ. Lafal قَدْ dan قَطْ, bila bertemua dengan ya’ mutakallim kebanyakan memakai nun wiqayah, seperti قَدْنِيْ dan قَطْنِيْ


Demikianlah apa yang dapat kita telaah dari Bab Ma'rifat dan Nakirah.

Silakan tinggalkan jejak komentar di bawah, jika ada hal-hal yang perlu dimusyawarahkan.

Untuk menuju Bab selanjutnya, silakan klik BAB 'ALAM

Untuk menuju Bab sebelumnya, silakan klik BAB MU'RAB DAN MABNI


EmoticonEmoticon