المعرب والمبني
Mu’rab dan Mabni
وَالاسْمُ مِنْهُ مُعْرَبٌ وَمَبْنِي ……لِشَبَهٍ مِنَ الْحُرُوفِ مُدْنِي
والإسم : Isim dibagi menjadi dua, yaitu isim mu’rab
(معرب) dan isim
mabni (مبني). Isim mu’rab ialah isim yang tidak
memiliki keserupaan dengan huruf. Sedangkan isim mabni ialah isim
yang memiliki keserupaan dengan huruf.
كالشَّبَهِ الْوَضْعِيِّ فِي اسْمَيْ جِئْتَنَا ……والمَعْنَوِيِّ في مَتَى وَفِي هُنَا
وَكَنيِابَةٍ عَنِ الفِعْلِ بلا ……تَأَثُّرٍ وَكافْتِقَارٍ أُصِّلا
كالشبه : Isim yang memiliki
keserupaan dengan huruf dibagi menjadi empat:
1.
Serupa dalam segi wadha’ (وضع)
2.
Serupa dalam
segi makna.
3.
Serupa dalam
segi sama-sama mengganti fi’il dan sama-sama tidak dapat beramal jika
dimasuki ‘amil (عامل), seperti صَحْ dan اسْكُتْ
4.
Serupa dalam segi sama-sama
membutuhkan persambungan lafal setelahnya, seperti isim maushul (إسم موصول) yang berupa الَّذِيْ
وَمُعْرَبُ الأَسْمَاءِ مَا قَدْ سَلِمَا……مِنْ شَبَهِ الْحَرْفِ كأَرْضٍ
وَسُمَا
ومعرب : Isim mu’rab adalah isim
yang selamat dari keserupaan dengan huruf.
وَفِعْلُ أَمْرٍ وَمُضِيٍّ بُنِيَا ……وَأعْرَبُوا مُضَارِعاً إنْ عَرِيَا
مِنْ نُونِ
تَوْكِيدٍ مُبَاشِرٍ وَمِنْ……نُونِ إنَاثٍ كَيَرُعْنَ مَنْ فُتِنْ
وفعل أمر : Fi’il amar dan fi’il madhi hukumnya mabni.
Sedangkan fi’il mudhari’ hukumnya mu’rab, apabila tidak bertemu
dengan nun taukid dan nun jama’ mu’annats.
وَكُلُّ حَرفٍ مُسْتَحِقُّ لِلْبِنَا……وَالأَصْلُ فِي الْمَبْنِيِّ أنْ
يُسَكَّنَا
وكل حرف
: Semua huruf itu mabni. Sedangkan mabni
yang asli ialah sukun.
وَمِنْهُ ذُو فَتْحٍ وذُو كَسْرٍ وَضَمْ……كَأيْنَ أمْسِ حَيْثُ وَالسَّاكِنُ
كَمْ
ومنه : Huruf yang mabni ada yang mabni
fathah, seperti أَيْنَ, ada yang mabni
kasrah, seperti أَمْسِ, ada yang mabni dhammah, seperti حَيْثُ, dan ada yang mabni sukun, seperti كَمْ
وَالْرَّفْعَ وَالنَّصْبَ اجْعَلَنْ إعْرَاباً……لاِسْمٍ وَفِعْلٍ نَحْوُ لَنْ
أهَابَا
والرفع : I’rab rafa’ dan nashab
bisa menjadi tandanya kalimat isim dan fi’il.
والاسْمُ قَدْ خُصِّصَ بِالْجَرِّ كَمَا……قَدْ خُصِّصَ الْفِعْلُ بِأنْ
يَنْجَزِمَا
والإسم : I’rab jar khusus masuk pada kalimat isim.
قد : Sedangkan i’rab jazm
khusus masuk pada kalimat fi’il.
فَارْفَعْ بِضَمٍّ وانْصِبَنْ فَتْحاً وَجُرّ……كَسْراً كَذِكْرُ اللهِ
عَبْدَهُ يَسُرّ
فارفع : Semua i’rab mempunyai tanda tersendiri, yaitu:
rafa’ memakai dhammah, nashab memakai fathah, dan jar memakai kasrah,
contoh: ذِكْرُ اللهِ عَبْدَهُ يَسُرْ
واجْزِمْ بِتَسْكينٍ وَغَيْرُ مَا ذُكِرْ……يَنُوبُ نَحْوُ جَا أخُو بَنِي
نَمِرْ
واجزم : Dan i’rab jazm memakai sukun. Sedangkan
tanda-tanda yang lain ialah sebagai ganti saja.
وَارْفَعْ بَوَاوٍ وانْصِبَنَّ بِالأَلِفْ……واجْرُرْ بِيَاءٍ مَا مِنَ
الأسْمَا أَصِفْ
وارفع : Asma’us-sittah (أسماء الستة) pada
waktu rafa’ memakai wawu (و), contoh أَبُوْكَ, nashab memakai alif (ا),
contoh أَبَاكَ, dan jar
memakai ya’ (ي),
contoh أَبِيْكَ
منْ ذَاكَ ذُو إنْ صُحْبَةً أَبَانَا……وَالْفَمُ حَيْثُ الْمِيمُ مِنْهُ
بَانَا
من ذاك : Dzu (ذو) bisa tergolong asma’us-sittah dengan syarat
bermakna shahib (kepemilikan) contoh ذو مال. Begitu juga lafal fam (فم) bisa
tergolong asma’us-sittah, jika mim-nya dibuang, contoh فم menjadi فوك
أَبٌ أخٌ حَمٌ كَذَاكَ وَهَنُ ……والنَّقْصُ فِي هذا الأَخِيرِ أَحْسَنُ
أب : Lafal abun (أب), akhun (أخ), hamun
(حم), fu (فو), dan dzu
(ذو), lebih baik di-i’rab dengan i’rab qashr (قصر). Sedangkan
lafal hanu (هن) lebih
baik di-i’rab dengan naqs (نقص).
وَفِي أبٍ وَتَالِيَيْهِ يَنْدُرُ……وَقَصْرُهَا مِنْ نَقْصِهِنَّ أَشْهَرُ
وفي : Lafal abun (أَبٌ), akhun (أَخٌ), dan hamun
(حَمٌ)
jarang yang di-i’rab dengan i’rab naqs.
[Keterangan: I’rab naqs
ialah i’rab yang memakai harakat, yaitu rafa’ menggunakan dhammah,
nashab menggunakan fathah, jar menggunakan kasrah,
dan jazm menggunakan sukun. Sedangkan, i’rab qashr,
ialah i’rab yang rafa’, nashab, dan jar menggunakan
alif (ا)]
وَشَرْطُ ذَا الإعْرَابِ أنْ يُضَفْنَ لا……لِلْيَا كَجَا أخُو أبِيكَ ذَا
اعْتِلاَ
وشرط : Syaratnya asma’us-sittah
bisa di-i’rab dengan huruf yaitu, asma’us-sittah menjadi mudhaf,
dan di-mudhaf-kan kepada selain ya’ mutakallim.
بِالأَلِفِ ارْفَعِ الْمُثَنَّى وَكِلا……إِذَا بِمُضَمَرٍ مُضَافاً وُصِلاَ
كِلْتَا كَذَاكَ ..................
......................
بالألف : Isim tatsniyyah ketika rafa’ memakai alif,
contoh جَاءَ الزَّيْدَانِ. Demikian juga lafal kila (كلا) dan kilta (كلتا) ketika rafa’
memakai alif, dengan syarat di-mudhaf-kan pada isim dhamir
(إسم ضمير), contoh جَاءَ
الزَّيْدَانِ كِلَاهُمَا
......... اثْنَانِ واثْنَتَانِ……كَابْنَيْنِ وَابْنَتَينِ يَجْرِيَانِ
اثنان : Lafal itsnani (اثنان) dan itsnatani (اثنتان) berlaku
seperti lafal ibnaini (ابنين) dan ibnataini (ابنتين).
وَتَخْلُفُ الْيَا فِي جَمِيعِهَا الأَلِفْ……جَرًّا وَنَصْباً بَعْدَ فَتْحٍ
قَدْ أُلِفْ
وتخلف : Isim tatsniyah haqiqi dan majazi tanda jar
dan nashab-nya menggunakan ya’, yang jatuh setelah harakat fathah, sebagai
ganti dari alif ketika rafa’, contoh رَأَيْتُ الرَّجُلَيْنِ كِلَيْهِمَا
وَارْفَعْ بِوَاوٍ وَبِيَا اجْرُرْ وانْصِبِ……سَالِمَ جَمْعِ عَامِرٍ
وَمُذْنِبِ
وارفع : Jama’ mudzakkar salim (جمع مذكر سالم)
ketika rafa’ memakai wawu, contoh جَاءَ عَامِرُوْنَ. Sedangkan ketika nashab dan jar
memakai ya’, contoh عَامِرِيْنَ.
وَشِبْهِ ذَيْنِ وَبِهِ عِشْرُونَا……وَبَابُهُ أُلْحِقَ وَالأَهْلُونَا
أُولُو
وَعَالَمُونَ عِلِّيُّونَا……وَأَرَضُونَ شَذَّ وَالسِّنُونَا
وَبَابُهُ
وَمِثْلَ حِينٍ قَدْ يَرِدْ……ذَا الْبابُ وَهْوَ عِنْدَ قَوْم يَطَّرِدْ
وشبه : Lafal yang mulhaq (ملحق) dengan jama’ mudzakkar salim yaitu lafal ‘isyruna (عشرون) dan babnya (yaitu sampai tis’un). Hal ini sebab
lafal ‘isyruna tidak punya mufrad ahluna (أهلونا)
وشذ : Kadang-kadang lafal sinuna (سنون) dan babnya
sama dengan lafal hina (حين). Ini adalah pendapat sebagian
ulama yang berlaku pada jama’ mudzakkar salim haqiqi dan majazi.
وَنُونَ مَجْمُوعٍ وَمَا بِهِ الْتَحَقْ……فَافْتَحْ وَقَلَّ مَنْ بِكَسْرِهِ
نَطَقْ
ونون : Nun (ن) jama’ mudzakkar salim dan yang mulhaq, dibaca fathah,
seperti زَيْدُوْنَ, dan
sedikit yang membacanya kasrah, seperti زَيْدُوْنِ
وَنُونُ مَاثُنِّيَ وَالْمُلْحَقِ بِهْ……بِعَكْسِ ذَاكَ اسْتَعْمَلُوهُ
فَانْتَبِهْ
ونون : Nun isim
tatsniyah (إسم تثنية)
dibaca sebaliknya nun jama’ mudzakkar salim, yaitu
dibaca kasrah, seperti زَيْدَانِ. Sedikit yang
dibaca fathah, seperti زَيْدَانَ.
وَمَا بِتَا وَأَلِفٍ قَدْ جُمِعَا……يُكْسَرُ فِي الْجَرِّ وَفي النَّصْبِ
مَعَا
وما بتا : Jama’ muannats salim (جمع مؤنث سالم) ialah
isim yang di-jama’ dengan alif dan ta’. Tanda nashab
dan jar-nya
memakai kasrah, seperti مُسْلِمَاتٍ
كَذَا أُولاَتُ وَالَّذي اسْماً قَدْ جُعِلْ………كَأذْرِعَاتٍ فِيهِ ذَا أيْضاً
قُبِلْ
كذا : Lafal ulatu (أولات) termasuk isim yang mulhaq pada jama’
mu’annats salim.
والذي : Jama’ mu’annats salim
yang sudah dijadikan ‘alam isim (عالم إسم) i’rab-nya sama
dan berlaku sebagaimana isim ghairu munsharif (إسم غير منصرف), seperti أَذْرِعَاتٍ
وَجُرَّ بِالْفَتْحَةِ مَالا يَنْصَرِفْ……مَالَمْ يُضَفْ أَوْيَكُ بَعْدَ ألْ
رَدِفْ
وجر : Isim ghairu munsharif tanda jar-nya
memakai fathah apabila tidak di-mudhaf-kan dan tidak kemasukan alif
dan lam (أل),
contoh نَظَرْتُ إِلَى مَسَاجِدَ, مَسَاجِدَ, مَسَاجِدُ, مَسَاجِدِ المدينة,
وَاجْعَلْ لِنَحْوِ يَفْعَلاَنِ النُّونَا……رَفْعاً وَتَدْعِينَ
وَتَسْأَلُونَا
واجعل : Af’alul-khamsah (أفعال الخمسة) pada waktu rafa’-nya memakai tetapnya nun,
seperti يَفْعَلَانِ, تَفْعَلَانِ, يَفْعَلُوْنَ, تَفْعَلُوْنَ, dan تَفْعَلِيْنَ,
وَحَذْفُهَا لِلْجَزْمِ وَالنَّصْبِ سِمَهْ……كَلَمْ تَكُونِي لِتَرُومِي
مَظْلَمَهْ
وحذفها : Sedangkan nashab dan jazm-nya memakai
terbuangnya nun, seperti لَمْ يَفْعَلاَ dan لَنْ يَفْعَلاَ
وَسَمِّ مُعْتَلاًّ مِنَ الأَسْمَاءِ مَا……كالْمُصْطَفى والمُرتْقَيِ
مَكَارِمَا
وسم : Isim mu’tal ialah isim
yang berakhiran wawu, ya’, dan alif. Yang dinamakan isim
maqshur (إسم مقصور) adalah isim yang berakhiran alif lazimah (ألف لازمة) dan sebelumnya berharakat fathah,
seperti مُصْطَفَى. Isim manqush (إسم منقوص) ialah isim yang
berakhiran ya’ lazimah (ياء لازمة) dan sebelumnya berharakat kasrah,
seperti مُرْتَقِيْ
فَالأوَّلُ الإعْرَابُ فِيهِ قُدِّرَا……جَمِيعُهُ وَهْوَ الَّذي قَدْ قُصِرَا
فالأول : Semua i’rab-nya isim
maqshur dikira-kirakan, baik rafa’, nashab, dan jar-nya
وَالثَّانِي مَنْقُوصٌ وَنْصْبُهُ ظَهَرْ……وَرَفْعُهُ يُنْوَى كَذَا أيْضاً
يُجَرّ
والثاني : Semua i’rab-nya isim manqush dikira-kirakan kecuali ketika nashab, seperti مُرْتَقِيَ
وَأَيُّ فِعْلٍ آخِرٌ مِنْهُ أَلِفْ……أوْ وَاوٌ أوْ يَاءٌ فَمُعْتَلاًّ عُرِفْ
وأي : Fi’il mudhari’ yang akhirnya
berupa wawu, alif, atau ya’, disebut fi’il mu’tal.
فَالأَلِفَ انْوِ فِيهِ غَيْرَ الجَزْمِ……وَأبْدِ نَصْبَ مَاكَيَدْعُو يَرْمِي
وَالرَّفْعَ
فِيهِمَا انْوِ وَاحْذِفْ جَازِماً……ثَلاثَهُنَّ تَقْضِ حُكْماً لازِماً
فالألف : Fi’il mudhari’ yang mu’tal
alif / berakhiran alif, selain i’rab jazm-nya (rafa’
dan nashab), dikira-kirakan. Sedangkan jazm-nya memakai
terbuangnya huruf ‘illat, seperti, لَمْ يَخْشَ, لَمْ يَرْضَ,
Demikianlah apa yang dapat kita telaah dari Bab Mu'rab dan Mabni.Silakan tinggalkan jejak komentar di bawah, jika ada hal-hal yang perlu dimusyawarahkan.
Untuk menuju Bab selanjutnya, silakan klik BAB MA'RIFAT DAN NAKIRAH
Untuk menuju Bab sebelumnya, silakan klik BAB KALAM
3 komentar
Terimakasih gan sudah diringkas lagi, lebih mudah difahami
Bagus gan, lanjutkan...👍
شكرا جزيلا sangat bagus dan bermanfaat
Terimakasih sangat bermanfaat.....
EmoticonEmoticon