Wednesday, February 1, 2017

Ngaji Alfiyah Ibnu Malik, Bab Mu'rab dan Mabni #2


ุงู„ู…ุนุฑุจ ูˆุงู„ู…ุจู†ูŠ

Mu’rab dan Mabni



 ูˆَุงู„ุงุณْู…ُ ู…ِู†ْู‡ُ ู…ُุนْุฑَุจٌ ูˆَู…َุจْู†ِูŠ ……ู„ِุดَุจَู‡ٍ ู…ِู†َ ุงู„ْุญُุฑُูˆูِ ู…ُุฏْู†ِูŠ

ูˆุงู„ุฅุณู… : Isim dibagi menjadi dua, yaitu isim mu’rab (ู…ุนุฑุจ) dan isim mabni (ู…ุจู†ูŠ). Isim mu’rab ialah isim yang tidak memiliki keserupaan dengan huruf. Sedangkan isim mabni ialah isim yang memiliki keserupaan dengan huruf.

 ูƒุงู„ุดَّุจَู‡ِ ุงู„ْูˆَุถْุนِูŠِّ ูِูŠ ุงุณْู…َูŠْ ุฌِุฆْุชَู†َุง ……ูˆุงู„ู…َุนْู†َูˆِูŠِّ ููŠ ู…َุชَู‰ ูˆَูِูŠ ู‡ُู†َุง

 ูˆَูƒَู†ูŠِุงุจَุฉٍ ุนَู†ِ ุงู„ูِุนْู„ِ ุจู„ุง ……ุชَุฃَุซُّุฑٍ ูˆَูƒุงูْุชِู‚َุงุฑٍ ุฃُุตِّู„ุง

ูƒุงู„ุดุจู‡ : Isim yang memiliki keserupaan dengan huruf dibagi menjadi empat:
1.      Serupa dalam segi wadha’ (ูˆุถุน)
2.      Serupa dalam segi makna.
3.      Serupa dalam segi sama-sama mengganti fi’il dan sama-sama tidak dapat beramal jika dimasuki ‘amil (ุนุงู…ู„), seperti  ุตَุญْ dan ุงุณْูƒُุชْ
4.      Serupa dalam segi sama-sama membutuhkan persambungan lafal setelahnya, seperti isim maushul (ุฅุณู… ู…ูˆุตูˆู„) yang berupa ุงู„َّุฐِูŠْ

ูˆَู…ُุนْุฑَุจُ ุงู„ุฃَุณْู…َุงุกِ ู…َุง ู‚َุฏْ ุณَู„ِู…َุง……ู…ِู†ْ ุดَุจَู‡ِ ุงู„ْุญَุฑْูِ ูƒุฃَุฑْุถٍ ูˆَุณُู…َุง
ูˆู…ุนุฑุจ : Isim mu’rab adalah isim yang selamat dari keserupaan dengan huruf.


 ูˆَูِุนْู„ُ ุฃَู…ْุฑٍ ูˆَู…ُุถِูŠٍّ ุจُู†ِูŠَุง ……ูˆَุฃุนْุฑَุจُูˆุง ู…ُุถَุงุฑِุนุงً ุฅู†ْ ุนَุฑِูŠَุง
ู…ِู†ْ ู†ُูˆู†ِ ุชَูˆْูƒِูŠุฏٍ ู…ُุจَุงุดِุฑٍ ูˆَู…ِู†ْ……ู†ُูˆู†ِ ุฅู†َุงุซٍ ูƒَูŠَุฑُุนْู†َ ู…َู†ْ ูُุชِู†ْ
ูˆูุนู„ ุฃู…ุฑ : Fi’il amar dan fi’il madhi hukumnya mabni. Sedangkan fi’il mudhari’ hukumnya mu’rab, apabila tidak bertemu dengan nun taukid dan nun jama’ mu’annats.

 ูˆَูƒُู„ُّ ุญَุฑูٍ ู…ُุณْุชَุญِู‚ُّ ู„ِู„ْุจِู†َุง……ูˆَุงู„ุฃَุตْู„ُ ูِูŠ ุงู„ْู…َุจْู†ِูŠِّ ุฃู†ْ ูŠُุณَูƒَّู†َุง
ูˆูƒู„ ุญุฑู : Semua huruf itu mabni. Sedangkan mabni yang asli ialah sukun.


ูˆَู…ِู†ْู‡ُ ุฐُูˆ ูَุชْุญٍ ูˆุฐُูˆ ูƒَุณْุฑٍ ูˆَุถَู…ْ……ูƒَุฃูŠْู†َ ุฃู…ْุณِ ุญَูŠْุซُ ูˆَุงู„ุณَّุงูƒِู†ُ ูƒَู…ْ 
ูˆู…ู†ู‡ : Huruf yang mabni ada yang mabni fathah, seperti ุฃَูŠْู†َ, ada yang mabni kasrah, seperti ุฃَู…ْุณِ, ada yang mabni dhammah, seperti ุญَูŠْุซُ, dan ada yang mabni sukun, seperti ูƒَู…ْ

 ูˆَุงู„ْุฑَّูْุนَ ูˆَุงู„ู†َّุตْุจَ ุงุฌْุนَู„َู†ْ ุฅุนْุฑَุงุจุงً……ู„ุงِุณْู…ٍ ูˆَูِุนْู„ٍ ู†َุญْูˆُ ู„َู†ْ ุฃู‡َุงุจَุง
ูˆุงู„ุฑูุน : I’rab rafa’ dan nashab bisa menjadi tandanya kalimat isim dan fi’il.


 ูˆุงู„ุงุณْู…ُ ู‚َุฏْ ุฎُุตِّุตَ ุจِุงู„ْุฌَุฑِّ ูƒَู…َุง……ู‚َุฏْ ุฎُุตِّุตَ ุงู„ْูِุนْู„ُ ุจِุฃู†ْ ูŠَู†ْุฌَุฒِู…َุง
ูˆุงู„ุฅุณู… : I’rab jar khusus masuk pada kalimat isim.
ู‚ุฏ : Sedangkan i’rab jazm khusus masuk pada kalimat fi’il.


 ูَุงุฑْูَุนْ ุจِุถَู…ٍّ ูˆุงู†ْุตِุจَู†ْ ูَุชْุญุงً ูˆَุฌُุฑّ……ูƒَุณْุฑุงً ูƒَุฐِูƒْุฑُ ุงู„ู„ู‡ِ ุนَุจْุฏَู‡ُ ูŠَุณُุฑّ
ูุงุฑูุน : Semua i’rab mempunyai tanda tersendiri, yaitu: rafa’ memakai dhammah, nashab memakai fathah, dan jar memakai kasrah, contoh: ุฐِูƒْุฑُ ุงู„ู„ู‡ِ ุนَุจْุฏَู‡ُ ูŠَุณُุฑْ


ูˆุงุฌْุฒِู…ْ ุจِุชَุณْูƒูŠู†ٍ ูˆَุบَูŠْุฑُ ู…َุง ุฐُูƒِุฑْ……ูŠَู†ُูˆุจُ ู†َุญْูˆُ ุฌَุง ุฃุฎُูˆ ุจَู†ِูŠ ู†َู…ِุฑْ
ูˆุงุฌุฒู… : Dan i’rab jazm memakai sukun. Sedangkan tanda-tanda yang lain ialah sebagai ganti saja.


 ูˆَุงุฑْูَุนْ ุจَูˆَุงูˆٍ ูˆุงู†ْุตِุจَู†َّ ุจِุงู„ุฃَู„ِูْ……ูˆุงุฌْุฑُุฑْ ุจِูŠَุงุกٍ ู…َุง ู…ِู†َ ุงู„ุฃุณْู…َุง ุฃَุตِูْ
ูˆุงุฑูุน : Asma’us-sittah (ุฃุณู…ุงุก ุงู„ุณุชุฉ) pada waktu rafa’ memakai wawu (ูˆ), contoh ุฃَุจُูˆْูƒَ, nashab memakai alif (ุง), contoh ุฃَุจَุงูƒَ, dan jar memakai ya’ (ูŠ), contoh ุฃَุจِูŠْูƒَ


 ู…ู†ْ ุฐَุงูƒَ ุฐُูˆ ุฅู†ْ ุตُุญْุจَุฉً ุฃَุจَุงู†َุง……ูˆَุงู„ْูَู…ُ ุญَูŠْุซُ ุงู„ْู…ِูŠู…ُ ู…ِู†ْู‡ُ ุจَุงู†َุง
ู…ู† ุฐุงูƒ : Dzu (ุฐูˆ) bisa tergolong asma’us-sittah dengan syarat bermakna shahib (kepemilikan) contoh ุฐูˆ ู…ุงู„. Begitu juga lafal fam (ูู…) bisa tergolong asma’us-sittah, jika mim-nya dibuang, contoh ูู… menjadi ููˆูƒ


 ุฃَุจٌ ุฃุฎٌ ุญَู…ٌ ูƒَุฐَุงูƒَ ูˆَู‡َู†ُ ……ูˆุงู„ู†َّู‚ْุตُ ูِูŠ ู‡ุฐุง ุงู„ุฃَุฎِูŠุฑِ ุฃَุญْุณَู†ُ
ุฃุจ : Lafal abun (ุฃุจ), akhun (ุฃุฎ), hamun (ุญู…), fu (ููˆ), dan dzu (ุฐูˆ), lebih baik di-i’rab dengan i’rab qashr (ู‚ุตุฑ). Sedangkan lafal hanu (ู‡ู†) lebih baik di-i’rab dengan naqs (ู†ู‚ุต).


 ูˆَูِูŠ ุฃุจٍ ูˆَุชَุงู„ِูŠَูŠْู‡ِ ูŠَู†ْุฏُุฑُ……ูˆَู‚َุตْุฑُู‡َุง ู…ِู†ْ ู†َู‚ْุตِู‡ِู†َّ ุฃَุดْู‡َุฑُ
ูˆููŠ : Lafal abun (ุฃَุจٌ), akhun (ุฃَุฎٌ), dan hamun (ุญَู…ٌ) jarang yang di-i’rab dengan i’rab naqs.

[Keterangan: I’rab naqs ialah i’rab yang memakai harakat, yaitu rafa’ menggunakan dhammah, nashab menggunakan fathah, jar menggunakan kasrah, dan jazm menggunakan sukun. Sedangkan, i’rab qashr, ialah i’rab yang rafa’, nashab, dan jar menggunakan alif (ุง)]


 ูˆَุดَุฑْุทُ ุฐَุง ุงู„ุฅุนْุฑَุงุจِ ุฃู†ْ ูŠُุถَูْู†َ ู„ุง……ู„ِู„ْูŠَุง ูƒَุฌَุง ุฃุฎُูˆ ุฃุจِูŠูƒَ ุฐَุง ุงุนْุชِู„ุงَ
ูˆุดุฑุท : Syaratnya asma’us-sittah bisa di-i’rab dengan huruf yaitu, asma’us-sittah menjadi mudhaf, dan di-mudhaf-kan kepada selain ya’ mutakallim.


 ุจِุงู„ุฃَู„ِูِ ุงุฑْูَุนِ ุงู„ْู…ُุซَู†َّู‰ ูˆَูƒِู„ุง……ุฅِุฐَุง ุจِู…ُุถَู…َุฑٍ ู…ُุถَุงูุงً ูˆُุตِู„ุงَ
ูƒِู„ْุชَุง ูƒَุฐَุงูƒَ ..................    ......................
ุจุงู„ุฃู„ู : Isim tatsniyyah ketika rafa’ memakai alif, contoh ุฌَุงุกَ ุงู„ุฒَّูŠْุฏَุงู†ِ. Demikian juga lafal kila (ูƒู„ุง) dan kilta (ูƒู„ุชุง) ketika rafa’ memakai alif, dengan syarat di-mudhaf-kan pada isim dhamir (ุฅุณู… ุถู…ูŠุฑ), contoh ุฌَุงุกَ ุงู„ุฒَّูŠْุฏَุงู†ِ ูƒِู„َุงู‡ُู…َุง


 ......... ุงุซْู†َุงู†ِ ูˆุงุซْู†َุชَุงู†ِ……ูƒَุงุจْู†َูŠْู†ِ ูˆَุงุจْู†َุชَูŠู†ِ ูŠَุฌْุฑِูŠَุงู†ِ
ุงุซู†ุงู† : Lafal itsnani (ุงุซู†ุงู†) dan itsnatani (ุงุซู†ุชุงู†) berlaku seperti lafal ibnaini (ุงุจู†ูŠู†) dan ibnataini (ุงุจู†ุชูŠู†).


 ูˆَุชَุฎْู„ُูُ ุงู„ْูŠَุง ูِูŠ ุฌَู…ِูŠุนِู‡َุง ุงู„ุฃَู„ِูْ……ุฌَุฑًّุง ูˆَู†َุตْุจุงً ุจَุนْุฏَ ูَุชْุญٍ ู‚َุฏْ ุฃُู„ِูْ
ูˆุชุฎู„ู : Isim tatsniyah haqiqi dan majazi tanda jar dan nashab-nya menggunakan  ya, yang jatuh setelah harakat fathah, sebagai ganti dari alif ketika rafa’, contoh ุฑَุฃَูŠْุชُ ุงู„ุฑَّุฌُู„َูŠْู†ِ ูƒِู„َูŠْู‡ِู…َุง


 ูˆَุงุฑْูَุนْ ุจِูˆَุงูˆٍ ูˆَุจِูŠَุง ุงุฌْุฑُุฑْ ูˆุงู†ْุตِุจِ……ุณَุงู„ِู…َ ุฌَู…ْุนِ ุนَุงู…ِุฑٍ ูˆَู…ُุฐْู†ِุจِ
ูˆุงุฑูุน : Jama’ mudzakkar salim (ุฌู…ุน ู…ุฐูƒุฑ ุณุงู„ู…) ketika rafa’ memakai wawu, contoh ุฌَุงุกَ ุนَุงู…ِุฑُูˆْู†َ. Sedangkan ketika nashab dan jar memakai ya’, contoh ุนَุงู…ِุฑِูŠْู†َ.


 ูˆَุดِุจْู‡ِ ุฐَูŠْู†ِ ูˆَุจِู‡ِ ุนِุดْุฑُูˆู†َุง……ูˆَุจَุงุจُู‡ُ ุฃُู„ْุญِู‚َ ูˆَุงู„ุฃَู‡ْู„ُูˆู†َุง
 ุฃُูˆู„ُูˆ ูˆَุนَุงู„َู…ُูˆู†َ ุนِู„ِّูŠُّูˆู†َุง……ูˆَุฃَุฑَุถُูˆู†َ ุดَุฐَّ ูˆَุงู„ุณِّู†ُูˆู†َุง
 ูˆَุจَุงุจُู‡ُ ูˆَู…ِุซْู„َ ุญِูŠู†ٍ ู‚َุฏْ ูŠَุฑِุฏْ……ุฐَุง ุงู„ْุจุงุจُ ูˆَู‡ْูˆَ ุนِู†ْุฏَ ู‚َูˆْู… ูŠَุทَّุฑِุฏْ

ูˆุดุจู‡ : Lafal yang mulhaq (ู…ู„ุญู‚) dengan jama’ mudzakkar salim yaitu lafal ‘isyruna (ุนุดุฑูˆู†) dan babnya (yaitu sampai tis’un). Hal ini sebab lafal ‘isyruna tidak punya mufrad ahluna (ุฃู‡ู„ูˆู†ุง)
ูˆุดุฐ : Kadang-kadang lafal sinuna (ุณู†ูˆู†) dan babnya sama dengan lafal hina (ุญูŠู†). Ini adalah pendapat sebagian ulama yang berlaku pada jama’ mudzakkar salim haqiqi dan majazi.


 ูˆَู†ُูˆู†َ ู…َุฌْู…ُูˆุนٍ ูˆَู…َุง ุจِู‡ِ ุงู„ْุชَุญَู‚ْ……ูَุงูْุชَุญْ ูˆَู‚َู„َّ ู…َู†ْ ุจِูƒَุณْุฑِู‡ِ ู†َุทَู‚ْ
ูˆู†ูˆู† : Nun (ู†) jama’ mudzakkar salim dan yang mulhaq, dibaca fathah, seperti ุฒَูŠْุฏُูˆْู†َ, dan sedikit yang membacanya kasrah, seperti ุฒَูŠْุฏُูˆْู†ِ


 ูˆَู†ُูˆู†ُ ู…َุงุซُู†ِّูŠَ ูˆَุงู„ْู…ُู„ْุญَู‚ِ ุจِู‡ْ……ุจِุนَูƒْุณِ ุฐَุงูƒَ ุงุณْุชَุนْู…َู„ُูˆู‡ُ ูَุงู†ْุชَุจِู‡ْ
ูˆู†ูˆู† : Nun isim tatsniyah (ุฅุณู… ุชุซู†ูŠุฉ) dibaca sebaliknya nun jama’ mudzakkar salim, yaitu dibaca kasrah, seperti ุฒَูŠْุฏَุงู†ِ. Sedikit yang dibaca fathah, seperti ุฒَูŠْุฏَุงู†َ.


ูˆَู…َุง ุจِุชَุง ูˆَุฃَู„ِูٍ ู‚َุฏْ ุฌُู…ِุนَุง……ูŠُูƒْุณَุฑُ ูِูŠ ุงู„ْุฌَุฑِّ ูˆَููŠ ุงู„ู†َّุตْุจِ ู…َุนَุง
ูˆู…ุง ุจุชุง : Jama’ muannats salim (ุฌู…ุน ู…ุคู†ุซ ุณุงู„ู…) ialah isim yang di-jama’ dengan alif dan ta’. Tanda nashab dan jar-nya memakai kasrah, seperti ู…ُุณْู„ِู…َุงุชٍ


 ูƒَุฐَุง ุฃُูˆู„ุงَุชُ ูˆَุงู„َّุฐูŠ ุงุณْู…ุงً ู‚َุฏْ ุฌُุนِู„ْ………ูƒَุฃุฐْุฑِุนَุงุชٍ ูِูŠู‡ِ ุฐَุง ุฃูŠْุถุงً ู‚ُุจِู„ْ
ูƒุฐุง : Lafal ulatu (ุฃูˆู„ุงุช) termasuk isim yang mulhaq pada jama’ mu’annats salim.
ูˆุงู„ุฐูŠ : Jama’ mu’annats salim yang sudah dijadikan ‘alam isim (ุนุงู„ู… ุฅุณู…) i’rab-nya sama dan berlaku sebagaimana isim ghairu munsharif  (ุฅุณู… ุบูŠุฑ ู…ู†ุตุฑู), seperti ุฃَุฐْุฑِุนَุงุชٍ


 ูˆَุฌُุฑَّ ุจِุงู„ْูَุชْุญَุฉِ ู…َุงู„ุง ูŠَู†ْุตَุฑِูْ……ู…َุงู„َู…ْ ูŠُุถَูْ ุฃَูˆْูŠَูƒُ ุจَุนْุฏَ ุฃู„ْ ุฑَุฏِูْ
ูˆุฌุฑ : Isim ghairu munsharif tanda jar-nya memakai fathah apabila tidak di-mudhaf-kan dan tidak kemasukan alif dan lam (ุฃู„), contoh ู†َุธَุฑْุชُ ุฅِู„َู‰ ู…َุณَุงุฌِุฏَ, ู…َุณَุงุฌِุฏَ, ู…َุณَุงุฌِุฏُ, ู…َุณَุงุฌِุฏِ ุงู„ู…ุฏูŠู†ุฉ,


 ูˆَุงุฌْุนَู„ْ ู„ِู†َุญْูˆِ ูŠَูْุนَู„ุงَู†ِ ุงู„ู†ُّูˆู†َุง……ุฑَูْุนุงً ูˆَุชَุฏْุนِูŠู†َ ูˆَุชَุณْุฃَู„ُูˆู†َุง
ูˆุงุฌุนู„ : Af’alul-khamsah (ุฃูุนุงู„ ุงู„ุฎู…ุณุฉ) pada waktu rafa’-nya memakai tetapnya nun, seperti ูŠَูْุนَู„َุงู†ِ, ุชَูْุนَู„َุงู†ِ, ูŠَูْุนَู„ُูˆْู†َ, ุชَูْุนَู„ُูˆْู†َ, dan ุชَูْุนَู„ِูŠْู†َ,


 ูˆَุญَุฐْูُู‡َุง ู„ِู„ْุฌَุฒْู…ِ ูˆَุงู„ู†َّุตْุจِ ุณِู…َู‡ْ……ูƒَู„َู…ْ ุชَูƒُูˆู†ِูŠ ู„ِุชَุฑُูˆู…ِูŠ ู…َุธْู„َู…َู‡ْ
ูˆุญุฐูู‡ุง : Sedangkan nashab dan jazm-nya memakai terbuangnya nun, seperti ู„َู…ْ ูŠَูْุนَู„ุงَ dan ู„َู†ْ ูŠَูْุนَู„ุงَ


ูˆَุณَู…ِّ ู…ُุนْุชَู„ุงًّ ู…ِู†َ ุงู„ุฃَุณْู…َุงุกِ ู…َุง……ูƒุงู„ْู…ُุตْุทَูู‰ ูˆุงู„ู…ُุฑุชْู‚َูŠِ ู…َูƒَุงุฑِู…َุง
ูˆุณู… : Isim mu’tal ialah isim yang berakhiran wawu, ya’, dan alif. Yang dinamakan isim maqshur (ุฅุณู… ู…ู‚ุตูˆุฑ) adalah isim yang berakhiran alif lazimah (ุฃู„ู ู„ุงุฒู…ุฉ) dan sebelumnya berharakat fathah, seperti ู…ُุตْุทَูَู‰. Isim manqush (ุฅุณู… ู…ู†ู‚ูˆุต) ialah isim yang berakhiran ya’ lazimah (ูŠุงุก ู„ุงุฒู…ุฉ) dan sebelumnya berharakat kasrah, seperti ู…ُุฑْุชَู‚ِูŠْ


 ูَุงู„ุฃูˆَّู„ُ ุงู„ุฅุนْุฑَุงุจُ ูِูŠู‡ِ ู‚ُุฏِّุฑَุง……ุฌَู…ِูŠุนُู‡ُ ูˆَู‡ْูˆَ ุงู„َّุฐูŠ ู‚َุฏْ ู‚ُุตِุฑَุง
ูุงู„ุฃูˆู„ : Semua i’rab-nya isim maqshur dikira-kirakan, baik rafa’, nashab, dan jar-nya


 ูˆَุงู„ุซَّุงู†ِูŠ ู…َู†ْู‚ُูˆุตٌ ูˆَู†ْุตْุจُู‡ُ ุธَู‡َุฑْ……ูˆَุฑَูْุนُู‡ُ ูŠُู†ْูˆَู‰ ูƒَุฐَุง ุฃูŠْุถุงً ูŠُุฌَุฑّ
ูˆุงู„ุซุงู†ูŠ : Semua i’rab-nya isim manqush dikira-kirakan kecuali ketika nashab, seperti ู…ُุฑْุชَู‚ِูŠَ



 ูˆَุฃَูŠُّ ูِุนْู„ٍ ุขุฎِุฑٌ ู…ِู†ْู‡ُ ุฃَู„ِูْ……ุฃูˆْ ูˆَุงูˆٌ ุฃูˆْ ูŠَุงุกٌ ูَู…ُุนْุชَู„ุงًّ ุนُุฑِูْ
ูˆุฃูŠ : Fi’il mudhari’ yang akhirnya berupa wawu, alif, atau ya’, disebut fi’il mu’tal.


 ูَุงู„ุฃَู„ِูَ ุงู†ْูˆِ ูِูŠู‡ِ ุบَูŠْุฑَ ุงู„ุฌَุฒْู…ِ……ูˆَุฃุจْุฏِ ู†َุตْุจَ ู…َุงูƒَูŠَุฏْุนُูˆ ูŠَุฑْู…ِูŠ
 ูˆَุงู„ุฑَّูْุนَ ูِูŠู‡ِู…َุง ุงู†ْูˆِ ูˆَุงุญْุฐِูْ ุฌَุงุฒِู…ุงً……ุซَู„ุงุซَู‡ُู†َّ ุชَู‚ْุถِ ุญُูƒْู…ุงً ู„ุงุฒِู…ุงً
ูุงู„ุฃู„ู : Fi’il mudhari’ yang mu’tal alif / berakhiran alif, selain i’rab jazm-nya (rafa’ dan nashab), dikira-kirakan. Sedangkan jazm-nya memakai terbuangnya huruf ‘illat, seperti, ู„َู…ْ ูŠَุฎْุดَ, ู„َู…ْ ูŠَุฑْุถَ,


Demikianlah apa yang dapat kita telaah dari Bab Mu'rab dan Mabni.

Silakan tinggalkan jejak komentar di bawah, jika ada hal-hal yang perlu dimusyawarahkan.

Untuk menuju Bab selanjutnya, silakan klik BAB MA'RIFAT DAN NAKIRAH

Untuk menuju Bab sebelumnya, silakan klik BAB KALAM

3 komentar

Terimakasih gan sudah diringkas lagi, lebih mudah difahami
Bagus gan, lanjutkan...๐Ÿ‘

ุดูƒุฑุง ุฌุฒูŠู„ุง sangat bagus dan bermanfaat

Terimakasih sangat bermanfaat.....


EmoticonEmoticon